Sabtu, 14 Mei 2016

Evolution dan Spesifikasi ALL Honda CBR 150R di Indonesia



Hello sobat, saya disini akan mengulas salah satu sepeda motor Honda, Yaitu Honda CBR 150R . Langsung saja, Honda CBR150R launching pertama pada tahun 2002. Dan sampai sekarang ini Honda CBR150R terbagi 4 generasi, mungkin dengan seiring berjalannya waktu dan teknologi semakin maju, akan ada generasi generasi selanjutnya.
Generasi pertama yaitu CBR150R CBU karburator, generasi kedua CBR150R CBU injeksi single eye, generasi ketiga CBR150R CKD injeksi dual knee eye, generasi keempat CBR150R CKD injeksi dual knee eyes LED.


Istilah CBU dan CKD dalam dunia otomotif dapat saya jelaskan sebgai berikut. CBU singkatan dari Completely Built Up, artinya kendaraan yang didatangkan dari negara produsennya dengan cara impor dalam keadaan utuh atau sudah jadi motor. Sedangkan CKD singkatan dari Completely Knock Down, artinya kendaraan yang dirakit seutuhnya di dalam negeri (Lokal).


1. CBR150R CBU Karburator : 2002 - 2010


Ini dia si legendaris Old CBR 150R. Di produksi pertama pada tahun 2002, dan di akhiri pada tahun 2010 di thailand. Perbedaan dari tahun ketahun sih cuma beda stripe/stiker dan warna saja. Yang menarik menurut saya dari desain dan bentuknya ramping mungil dibanding motor 150 cc yang ada saat ini. Sehingga, enak buat handling meliak liuk di jalanan atau dikemacetan. Di bawa cornering juga mantap, karena ringan mudah dikendalikan.




Spesifikasinya sebagai berikut:

MESIN
Tipe Mesin
Single-cylinder, DOHC, 4-Valve, Liquid-cooled, 4-Stroke
Volume Langkah
149,4 cc
Diameter x Langkah
63,5 mm x 47,2 mm
Perbandingan Kompresi
11,0 : 1
Daya Maksimum
17,1 PS @ 10,500 rpm
Torsi Maksimum
13.06 Nm @ 8,500 rpm
Tipe Pelumasan
Wet sump
Kapasitas Oli Mesin
1.0 liter
Sistem Pendinginan
Pendingin Cairan dengan Kipas Elektrik Otomatis
Sistem Suplai Bahan Bakar
CDI Direct
Tipe Kopling
Wet Multiplate with Coil Springs
Tipe Transmisi
Manual, 6-Speed
Pola Perpindahan Gigi
1-N-2-3-4-5-6
RANGKA
Tipe Rangka
Twin Tube Diamond
Tipe Suspensi Depan
Teleskopik
Tipe Suspensi Belakang
Suspensi Tunggal (Monoshock)
Ukuran Ban Depan
80/90-17M/C (Tubeless)
Ukuran Ban Belakang
100/80-17M/C (Tubeless)
Tipe Rem Depan
Cakram Hidrolik, Dengan Piston Ganda
Tipe Rem Belakang
Cakram Hidrolik, Dengan Piston Tunggal
Kapasitas Tangki Bahan Bakar
10 liter
DIMENSI
Panjang x Lebar x Tinggi
1,910 x 652 x 1,065 mm
Jarak Sumbu Roda
1.286 mm
Jarak Terendah ke Tanah
172 mm
Ketinggian Tempat Duduk
776 mm
Berat Kosong
115 kg
Kapasitas Penumpang
2 orang
KELISTRIKAN
Tipe Battery
MF 12V – 5.0 Ah
Busi
NGK CPR9EA-9 atau ND U27EPR9
Tipe Pengapian
Full Transistor
Tipe Starter
Elektrik Starter





2 CBR150R CBU Injeksi : 2011 - 20014 


Selanjutnya CBR150R CBU Injeksi. Di produksi pada tahun 2011 sampai tahun 2014 di thailand. Penampilan hampir mirip sama kaka nya cbr 250r. Perbedaan dari CBR150 sebelumnya yaitu sudah memakai sistem injeksi, sehingga konsumsi bbm semakin irit di banding menggunakan karburator. Bodi lebih lebar/gede dan lebih berat juga pastinya, headlamp menjadi single eye yang asalnya double eye. Sama seperti pendahulunya dari tahun ke tahun perbedaannya cuma stripe dan warna saja.


Spesifikasinya sebagai berikut :

MESIN
Tipe Mesin
Single-cylinder, DOHC, 4-Valve, Liquid-cooled, 4-Stroke
Volume Langkah
149,4 cc
Diameter x Langkah
63,5 mm x 47,2 mm
Perbandingan Kompresi
11,0 : 1
Daya Maksimum
13,11 kW (17,8 PS) / 10,500 rpm
Torsi Maksimum
12,66 Nm (1,29 kgf.m) / 8,500 rpm
Tipe Pelumasan
Wet sump
Kapasitas Oli Mesin
1.0 liter
Sistem Pendinginan
Pendingin Cairan dengan Kipas Elektrik Otomatis
Sistem Suplai Bahan Bakar
Programmed Fuel Injection (PGM-FI)
Tipe Kopling
Wet Multiplate with Coil Springs
Tipe Transmisi
Manual, 6-Speed
Pola Perpindahan Gigi
1-N-2-3-4-5-6
RANGKA
Tipe Rangka
Twin Tube Diamond
Tipe Suspensi Depan
Teleskopik
Tipe Suspensi Belakang
Suspensi Tunggal (Monoshock)
Ukuran Ban Depan
100/80-17M/C (Tubeless)
Ukuran Ban Belakang
130/70-17M/C (Tubeless)
Tipe Rem Depan
Cakram Hidrolik, Dengan Piston Ganda
Tipe Rem Belakang
Cakram Hidrolik, Dengan Piston Tunggal
Kapasitas Tangki Bahan Bakar
13,2 liter
DIMENSI
Panjang x Lebar x Tinggi
1,977 x 701 x 1,130 mm
Jarak Sumbu Roda
1.310 mm
Jarak Terendah ke Tanah
190 mm
Ketinggian Tempat Duduk
786 mm
Berat Kosong
138 kg
Kapasitas Penumpang
2 orang
KELISTRIKAN
Tipe Battery
MF 12V – 5.0 Ah
Busi
NGK CPR9EA-9 atau ND U27EPR9
Tipe Pengapian
Full Transistor
Tipe Starter
Elektrik Starter






3. CBR150R CKD Injeksi : 2014 - 2015

Pada tahun 2014 akhirnya Honda CBR150R di produksi di Indonesia. Tentu saja harganya menjadi lebih murah di bandingkan dengan tipe sebelumnya yang asalnya impor dari thailand. lagi lagi penampilannya ngikutin kakanya yaitu cbr 250r.
Dan perbedaannya dengan sebelumnya, yang jelas bodynya tambah lebar/gede, terasa big bike feelinglah. Lampunya kembali ke dual knee eyes. dan rangkanya memakai Diamond truss/teralis



Spesifikasinya sebagai berikut :


MESIN
Tipe Mesin
Single-cylinder, DOHC, 4-Valve, Liquid-cooled, 4-Stroke
Volume Langkah
149,5 cc
Diameter x Langkah
63,5 mm x 47,2 mm
Perbandingan Kompresi
11,0 : 1
Daya Maksimum
12,6 kW (17,1 PS) @ 10,500 rpm
Torsi Maksimum
13,0 Nm (1,32 kgf.m) @ 7,500 rpm
Tipe Pelumasan
Wet sump
Kapasitas Oli Mesin
1.0 liter
Sistem Pendinginan
Pendingin Cairan dengan Kipas Elektrik Otomatis
Sistem Suplai Bahan Bakar
Programmed Fuel Injection (PGM-FI)
Tipe Kopling
Wet Multiplate with Coil Springs
Tipe Transmisi
Manual, 6-Speed
Pola Perpindahan Gigi
1-N-2-3-4-5-6
RANGKA
Tipe Rangka
Diamond (Truss) Frame / Teralis
Tipe Suspensi Depan
Teleskopik
Tipe Suspensi Belakang
Tunggal dengan Sistem Suspensi Pro-Link
Ukuran Ban Depan
100/80-17M/C (Tubeless)
Ukuran Ban Belakang
130/70-17M/C (Tubeless)
Tipe Rem Depan
Cakram Hidrolik, Dengan Piston Ganda
Tipe Rem Belakang
Cakram Hidrolik, Dengan Piston Tunggal
Kapasitas Tangki Bahan Bakar
13,2 liter
DIMENSI
Panjang x Lebar x Tinggi
1,977 x 711 x 1,117 mm
Jarak Sumbu Roda
1.296 mm
Jarak Terendah ke Tanah
160 mm
Ketinggian Tempat Duduk
786 mm
Berat Kosong
143 kg
Kapasitas Penumpang
2 orang
Radius Putar Minimum
2.600 mm
KELISTRIKAN
Tipe Battery
MF 12V – 5.0 Ah
Busi
NGK CPR9EA-9 atau ND U27EPR9
Tipe Pengapian
Full Transistor
Tipe Starter
Elektrik Starter



 4. CBR150R CKD Injeksi : 2016

Di produksi pada awal tahun 2016 di Indonesia. Perubahannya sangat signifikan. Desain body menjadi lebih sportif, ramping dan ringan. yah, hampir mendekati seramping si old. Lampu depan dan lampu belakang sama sama menggunakan lampu LED berbeda dengan terdahulunya yang masih menggunakan lampu halogen. sehingga lebih irit penggunaan aki. Speedometer full digital. penampilannya seperti cbr 1000 terbaru tapi versi mini.




Spesifikasinya sebagai berikut :


MESIN
Tipe Mesin
Single-cylinder, DOHC, 4-Valve, Liquid-cooled, 4-Stroke
Volume Langkah
149,16 cc
Diameter x Langkah
57,3 mm x 57,8 mm
Perbandingan Kompresi
11,3 : 1
Daya Maksimum
12.6kW(17.1 PS @ 9000rpm)
Torsi Maksimum
13.7Nm (1.40kgf.m/7.000rpm)
Tipe Pelumasan
Wet sump
Kapasitas Oli Mesin
1.1 liter
Sistem Pendinginan
Pendingin Cairan dengan Kipas Elektrik Otomatis
Sistem Suplai Bahan Bakar
PGM-Fi
Tipe Kopling
Wet Multiplate with Coil Springs
Tipe Transmisi
Manual, 6-Speed
Pola Perpindahan Gigi
1-N-2-3-4-5-6
RANGKA
Tipe Rangka
Diamond truss Frame / Teralis
Tipe Suspensi Depan
Teleskopik
Tipe Suspensi Belakang
Tunggal dengan Sistem Suspensi Pro-Link
Ukuran Ban Depan
100/80-17 52P (Tubeless)
Ukuran Ban Belakang
130/70-1762P (Tubeless)
Tipe Rem Depan
Cakram Hidrolik, Dengan Piston Ganda
Tipe Rem Belakang
Cakram Hidrolik, Dengan Piston Tunggal
Kapasitas Tangki Bahan Bakar
12 liter
DIMENSI
Panjang x Lebar x Tinggi
1,983 x 694 x 1,083 mm
Jarak Sumbu Roda
1.311 mm
Jarak Terendah ke Tanah
166 mm
Ketinggian Tempat Duduk
787 mm
Berat Kosong
135 kg
Kapasitas Penumpang
2 orang
KELISTRIKAN
Tipe Battery
MF 12V – 5.0 Ah
Busi
NGK MR9C-9N atau ND U27EPR-N
Tipe Pengapian
Full Transistor
Tipe Starter
Elektrik Starter

Intinya model dari tahun ke tahun tenaga/torsinya hampir sama sama percis kalau urusan mesin. Cuman yg membedakan fitur dan penampilannya.

Dan pengalaman yg saya rasakan semua CBR 150. CBR CBU Thai klo urusan top speed. putaran atas jos. kalo buat  harian stop n go CBR LED yg terbaru jos.tarikan awalnya nendang nendang.

6 komentar:

  1. Bang mau tanya apa bnr spul cb 150 sf bisa dipasang di cbr 150 thailand, mohon jawabannya bang omen mksii..

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya pernah ganti spull pake cb 150 old yg pertama bos. bisa ko

      Hapus
  2. Spul motorku gosong bang, mau pakai punya cb 150 sf takut gak cocok, mohon jwbnnya ya bang mksi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo k45a pke cb sf old sama
      klo k45g pke k15g sama

      Hapus
  3. Oli mesinnya 1 liter bang ga 1,2....

    BalasHapus